Kota Bogor ?

Apa sih Kota Bogor itu ?

Bogor itu satu kota kecil yang terletak di Jawa Barat. Berjarak kurang-lebih 40 menit dari Jakarta lewat tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Tangerang-Ciawi). Kota ini juga sering disebut kota hujan karena sering hujan. Yaa setidaknya lebih sering hujan dibanding kota-kota lain di Indonesia.

Bagaimana cara mencapai kota Bogor?

Kalo loe naik pesawat terbang. Dari bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, bisa langsung naik Bus Damri jurusan Bogor, bayar Rp. 30.000. Bus Damri ini sampai di terminal-nya di Bogor, pas banget di samping Botani Square, dan bagusnya … tepat ditengah kota. Terminal ini juga cuma berjarak kurang lebih 5 menit dari Terminal Bis Baranang Siang

Kalau naik mobil, ya lewat tol Jagorawi, kalo dari UKI dulu sih bayarnya Rp. 5.500.

Kalau naik kereta bisa juga. Bisa naik kereta Pakuan yang cuma mampir di Kota, Gambir (kalo gak salah), sama Bogor. Bayarnya Rp. 11.000,- Kalo mau yang ekonomi AC (berAC tapi tetep berhenti di semua stasiun dari Kota sampe Bogor), tiketnya Rp. 5000 (flat). Dan yang ekonomi gak pake AC, tiketnya tergantung jarak, dari Rp. 2000 sampe Rp.2500 aja kayaknya. Gak mahal lah.

Nah, kalo gue seringnya naik bis. Naik bis dari UKI, Jakarta, pilih yang AC, bayarnya Rp. 7.000, sampenya di terminal Baranang Siang. Naik bis ke Bogor dari manapun bakal sampai di terminal Baranang Siang, karena itulah terminal bis satu-satunya di Bogor. Tapi memang dibedakan sama terminal Bis Damri. Kabar terbaru sih terminal Baranang Siang bakalan dipindah ke deket rumah gue. Huehehe, tapi jadi agak jauh dari tengah kota.

Transportasi dalam kota Bogor

Selain dapat julukan kota hujan, Bogor juga disebut kota sejuta angkot. Sudah penuh dengan hijau daun sepanjang jalan Pajajaran, ditambah lagi dengan warna hijau angkot (Angkutan Kota) Bogor. Angkot adalah angkutan umum utama di kota Bogor. Ongkosnya Rp. 2000. Pada umumnya, orang-orang akan naik:

01 – ke arah Ciawi (lewat Jl. Pajajaran, terminal Baranang Siang, Plaza Ekalokasari, Tajur). Angkot ini ujungnya muter balik di Tugu Kujang (Botani Square).

02 – ke Merdeka sampe Sukasari (lewat Merdeka, stasiun Kereta Api, SMA Negeri 1, Gereja Zebaoth, Bogor Trade Mall, Pasar Bogor, Suryakencana, Leuwiliang, The Jungle).

03 – ke arah Merdeka sampe Baranang Siang (lewat Hero Pajajaran, terminal Baranang Siang, Tugu Kujang, Botani Square, PMI, Istana Bogor, Stasiun Kereta Api, Taman Kencana, Macaroni Panggang, Hotel pangrango 3, Hotel Pangrango 1, Plaza Pangrango).

05 – Jurusan Cimahpar – Ramayana (Lewat Bogor Trade Mall, Pasar Bogor, Tugu Kujang, Botani Square, PMI, Fame ‘n Famous FO, Plaza Pangrango, Hotel Pangrango 2, Cimahpar, Kebun Raya Bogor).

06 – lewat Hero Pajajaran, Universitas Pakuan, Terminal Baranang Siang, Tugu Kujang, Botani Square, PMI, Zebaoth, Bogor Trade Mall, Pasar Bogor, Kebun Raya Bogor.

08 – Tugu Kujang, Botani Square, PMI, Fame ‘n Famous FO, Parkir FO, Plaza Pangrango, Hotel Pangrango 1, Hotel Pangrango 3, Bantar Jati.

09 – Jurusan Sukasari – Warung Jambu (Lewat Plaza Ekalokasari, Restaurant Sari Wangi, Terminal Baranang Siang, Tugu Kujang, Botani Square, PMI, Fame ‘n Famous FO, Plaza Pangrango, Hotel Pangrango 3, Parkir FO, B’Bos FO, Hotel Pangrango 1, Gurih 77, Warung Jambu).

Ada apa di Bogor?

Ada angkot, ada orang, ada pohon. Ya iyalah, masak ya iya dong?

Kalo naik bis ke Bogor, pas baru aja bayar tol-nya, bakal terlihat the most famous terminal Baranang Siang yang dihiasi beberapa plang berukuran besar, dan yang ditengah bertuliskan TERMINAL BARANANG SIANG. Kalo malem-malem ngeliatnya lumayan lebih bagus, karena ‘bercahaya’.. halah..

Tugu Kujang

Tugu Kujang. Tugu ini adalah simbol dari kota Bogor yang terletak ditengah kota Bogor. Kalo dari tol Jagorawi, habis bayar tol, terus nyampe ujung (plang Terminal Baranang Siang, di lampu merah), belok kanan. Jaraknya udah enggak jauh lagi. Cuma kira-kira 100-150 meter.

Kebun Raya Bogor (KeRa). Searah sama Tugu Kujang, jadi, dari tol, sampe ujung jalan, belok kanan. Ada banyak pintu masuk di Kebun Raya ini, tapi lebih baik sih kalo ke Kebun Raya naik angkutan umum saja, gak usah naik mobil pribadi, karena repot parkir mobilnya. Kebun Raya ini luas banget, jadi kebanggaan penduduk kota Bogor. Di dalamnya ada Istana Bogor, di mana dulu Presiden Soekarno sering nginep di situ, kemudian beberapa tahun lalu ada Presiden USA, George Bush, juga mampir ke situ, yang bikin kontroversi banget. Nah, di dalam KeRa ini juga tumbuh satu tumbuhan langka sedunia yaitu Bunga Bangkai, yang tumbuhnya juga jarang-jarang. Gak tahu juga setiap bulan apa.

Cara ke Kebun Rayanya gampang. Pintunya banyak pula. Tapi gue seringnya dari Pintu 1. Misalkan loe dari Tugu Kujang, jalan aja ke arah Ramayana Plaza (sebutan-sebutan lainnya: Pasar Bogor, Bogor, atau daerah Suryakencana). Nah, Pintu 1 ada di seberangnya Ramayana Plaza.

Taman Safari. Taman Safari ini terletak di daerah Puncak, daerah dinginnya Bogor, karena rada di gunung. Banyak jenis-jenis binatang dipelihara di sini. Harga masuknya lumayan murah. Bisa sewa kendaraan mereka, bisa juga masuk dengan mobil sendiri. Di sana juga ada kolam berenang, dan wahana-wahana Dufan versi imutnya. FYI, kalo ke Puncak itu naik angkot 09 dari Terminal Baranang Siang, sampe di Ekalokasari, ganti angkot 01. Itu ke arah Ciawi sampe Taman Safari. Bayarnya Rp.6000an.

Masjid Ata’awun. Masjid ini lebih atas lagi dari Taman Safari. Masjidnya indah, dikelilingi dengan pemandangan yang gak kalah indah. Bagus banget untuk piknik keluarga atau sama teman-teman ke sana malam hari. Karena di sana banyak jualan jagung bakar, milo hangat, nasi goreng, soto, banyak deh. Pokoknya gak bakal kelaperan. Dekat situ juga ada tempat Gantole (gak tahu nama aslinya apa), abisnya di situ adalah tempat orang-orang terbang Gantole. Soalnya tempatnya rada tinggi. Dan bagus deh, pemandangannya. Kalo ke masjid ini, musti nyempetin juga ke tempat Gantole itu.

Dari Botani Square naik angkot 09 ke arah Sukasari. Turun di Ekalokasari Plaza, ganti angkot ke Ciawi. Tanyain sampe Tugu gak? Turun di Tugu. Tugu itu udah di Puncak, sebelum kebun Teh. Bayar angkotnya sekitar Rp. 6000. Lalu ganti angkot lagi, gak tau apa. Tanya-tanya aja. Masjidnya ada di sebelah kanan jalan. Bayar masuk Rp. 3000 (tahun 2006). Atau kalo mau gak capek (ganti-ganti angkot), dari depan Terminal Baranang Siang (tempat Bis Jakarta keluar), cari mobil-mobil colt putih yang pada ngetem jurusannya Cianjur. Bayarnya sekitar Rp. 15ribu. Tapi bakal agak lama karena nungguin penumpang. Tapi bisa langsung turun seberang Masjid.

 

Botani Square

Botani Square. Nama kerennya BoQer (hahaha). Bangunan yang baru jadi beberapa tahun lalu ini terletak di tengah-tengah kota Bogor, tepatnya berseberangan sama Tugu Kujang. Nyatu sama Convention Centernya IPB, karena dibangun di lahan IPB (hmm…). Cuma 3 lantai, jadi gak banyak isinya, tapi lumayan up-to-date, ada A-Mild, Nokia, Sony Erricson, BreadTalk, J.Co, Gramedia, Strawberry, dan beberapa toko-toko lain yang belum pernah ada di Bogor sebelumnya. Di BoQer ini juga ada satu-satunya bioskop XXI pertama di Bogor. Yeah.. congratzz!!!

Cara ke Botani Square sama kayak cara ke Tugu Kujang (lihat keterangan Tugu Kujang di atas). Karena mereka berseberangan.

Bogor Trade Mall. Singkatannya BTM. BTM ini tuh plaza biasa aja yang mirip ITC gitu-gitu. Bukan Mall. Tapi ada KFC dan 21nya. 21nya lumayan bagus, yang gak abal-abal gitu. Cuma Rp. 15.000 pula. Yang paling gue suka di sini adalah foodcourtnya yang terletak di lantai berapaaa gitu, lupa. Dan ada balkonnya. Jadi, kita bisa lihat langsung pemandangan Gunung Salak dari situ. Bagus deh. Apalagi kalo sore-sore menjelang malam. Dari sini ke Kebun Raya Bogor tinggal jalan aja juga bisa. Foodcourtnya highly recommended (cuma karena pemandangannya). Gue sering ngajak temen-temen luar kota gue ke sini.

Cara ke sininya, dari Tugu Kujang naik angkot 13. Turun langsung depan BTM.

Ekalokasari. Singkatannya Elos atau Ekalos. Ini adalah Plaza yang lumayan asik buat dikunjungi, walaupun sebenernya juga cuma gitu-gitu doang. Orang-orang Bogor biasa nongkrong di sini, di foodcourtnya. Apalagi kalo malam minggu. Ada Wi-Finya juga soalnya. Dan yang bikin Elos ini punya nilai plus, soalnya ada 21nya.  Ada di Jalan Pajajaran. Kalo naik mobil, keluar dari pintu tol, terus mpe ujung jalan, belok kiri. Tinggal lurus-lurus aja, dan ada di kiri jalan.

Tapi kalo naik angkot. Naik angkot 09 dari jalan Raya Pajajaran mana saja, dan sampe di ujung pol-nya angkot 09. Bilang aja turun di Elos.

The Jungle

The Jungle. Nah ini dia wahana renang terbaru di kota Bogor yang lumayan terkenal, karena sering masuk TV. Ada waterboom-nya, dan pokoknya enggak kalah sama Atlantis, Jakarta, deh. Letaknya di Bogor Nirwana Residence, plang iklannya bisa dilihat pas baru lewat pintu tol keluar Jagorawi di sebelah kiri jalan. Ada teater 4D, Giant Aquarium, Bird Park, Dry Park, dan masih banyak lagi. Buka dari jam 9 pagi, sampai jam 6 sore. Harga tiket Rp. 30.000,- per orang (Waterboom dan 4D). Bis ke Jungle (Bogor Nirwana Residence) ada di terminal bis DAMRI, sebelah Botani Square. Harga bayaran bis lupa berapa euy. hehehe..

Makan apa di Bogor?

Sari Rasa. Atau yang disingkat Saras. Terletak di jalan Pajajaran dekat Bale Binarum. Kalau dari tol Jagorawi, sampai di ujung jalan ambil ke kiri. Saras ini adalah warung tenda pinggir jalan yang lumayan laku, apalagi malam minggu. Biasanya bisa sampai antri tempat duduk kalau sudah menjelang sore ke malam. Tapi pilihan warung tenda di situ banyak sekali, jadi bisa pilih-pilih. Menu Saras antara lain mie rebus, mie goreng, roti bakar (keju, cokelat), dll. Pokoknya makanan-makanan ringan, bukan nasi dkk.

Sari Wangi. Restaurant baru yang ada di pinggir jaln Pajajaran, yang juga kalau dari tol Jagorawi, belok kiri di ujung jalan. Restaurant ini selalu dipadati pelanggan, apalagi malam minggu dan hari libur.

Gili-gili. Restaurant masakan Sunda yang lumayan enak, tapi rada mahal. Karena tempatnya juga lumayan. Terletak satu arah sama Saras, tapi Gili-gili dulu baru Saras. Uniknya dari gili-gili adalah ada pengamennya. Kita bisa request lagu juga dari mereka. Soal tip, terserah kita. Duduknya bisa dipilih yang lesehan maupun tidak. Dulu pemandangannya bagus sekali karena ada kebunnya, tetapi sekarang kebunnya sudah dibangun lagi mungkin perluasan restoran. Nama gili-gili juga sudah diganti.

Gurih 77. Restaurant Sunda juga, seperti Gili-gili, bisa lesehan maupun duduk. Bedanya, Kalau dari tol Jagorawi, sampai di ujung jalan, belok kanan. Dibanding Gili-gili yang agak mahal, saya merekomendasikan Gurih 7. Tempatnya bersih, asik untuk keluarga, ada air terjun (kecil)nya, dan bisa request lagu maupun langsung menyanyi.

Taman Kencana. Di daerah Taman Kencana, yang ada di sebelah lapangan Sempur ini emang tempat nongkrong orang-orang Bogor terutama malam Minggu. Tapi emang tiap malam rame kok. Makanannya juga bervariasi dan terjangkau.

Bogor adalah salah satu daerah wisata kuliner yang sering dibicarakan orang-orang, juga di TV. Kalau mau dibahas satu-satu rasanya kebanyakan. Masih ada Wajan Bekas, Lautan, Apple Pie, cafe Kemang Garden, Cibiuk, Gumati, Macaroni Panggang, dan masih banyak lagi.

Peta Bogor

Leave a comment