Tentang Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor atau biasa yang kita dengar dengan sebutan IPB adalah lembaga perguruan tinggi yang memperoleh akreditasi institusi A dari lima PTN yang memperolehnya juga di Indonesia.  Insitut Pertanian Bogor juga meraih peringkat 119 Asia dan 600+ Dunia (QS World University Ranking).  Institut Pertanian Bogor secara historis merupakan bentukan dari lembaga pendidikan menengah dan tinggi pertanian, dan juga kedokteran hewan yang dimulai sejak awal abad ke-20 di Bogor.  Dahulu IPB juga termasuk dalam Universitas Indonesia (UI), namun melepaskan diri pada tahun 1963.

Tentang IPB sendiri tidak lepas dari julukan Kampus Hijau. Universitas yang memiliki lingkungan nyaman, aman dan asri yang selalu dapat membuat mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus betah.  Betah yang dikarenakan kawasan lingkungannya yang hijau. Hijaunya kampus Institut Pertanian Bogor membawa nama perguruan tinggi tersebut semakin memperkenalkan dirinya pada Indonesia maupun dunia.  Tentang IPB, dua prestasi yang telah dicapai dengan kampus hijau dan dinamis membuktikan bahwa IPB benarlah kampus yang nyaman, aman dan asri. Prestasi tersebut adalah Peringkat 2 Green Metric World University Ranking Perguruan Tinggi di Indonesia dan Juara I Green Living Movement : Kompas Kampus & Tupperware 2011

Kampus Hijau , Julukan IPB

 

Tentang IPB dalam menghasilkan suatu prestasi tentunya di dukung dengan fasilitas yang telah tersedia dan sangat memadai.  Calon mahasiswa baru haruslah mengerti Aktreditasi dan Fasilitas yang diberikan, yang nantinya akan bermanfaat untuk meningkatkan prestasi daripada calon mahasiswa baru tersebut.  Semakin lengkap fasilitas yang diberikan, semakin efisien dan meningkat pula mahasiswa untuk semangat belajar dan menumbuhkan prestasi yang lebih lagi.

Sebagai universitas ternama di Indonesia, IPB memberikan fasilitas yang sangat bermanfaat.  Beberapa kampus yang tersebar diantaranya adalah Kampus IPB Darmaga (267 Ha), Kampus IPB Baranangsiang Bogor (11.5 Ha), Kampus IPB Gunung Gede Bogor (14.5 Ha), Kampus IPB Cilibende Bogor (3.2 Ha) dan Kampus IPB Taman Kencana Bogor (3.4 Ha).  Kelima kampus tersebut memiliki peruntukan khusus di setiap kampusnya.

Berbagai Pemandangan Kampus IPB

IPB tidak main-main untuk memberikan berbagai fasilitas yang sangat berguna bagi para mahasiswa. IPB membekali keterampilan mahasiswa dalam bentuk ‘hands on practical training‘ dan juga dipergunakan sebagai wahana penelitian , dengan menyediakan 385 laboratorium fisik dan 12 lahan percobaan. Selain itu, terdapat UPT Bahasa dan UPT Lab Terpadu. Selain untuk praktikum mahasiswa juga sebagai wahana penelitian untuk mahasiswa S1/S2.S3 maupun dosen IPB. Adapun fasilitas penelitian yang sifatnya khusus dikelola langsung oleh 13 Pusat Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat.

Bukan hanya fasilitas itu saja… untuk melayan informasi yang lengkap terhadap mahasiswa,  IPB memiliki perpustakan terkategori 5 besar di Indonesia dilengkapi dengan IPB electronic library.  Cyber Mahasiswa dengan 800 komputer, sistem jaringan serat optik dan hot-spot untuk mengakses internet di beberapa lokasi kampus. Dan untuk menunjang kesejahteraan mahasiswa di dalam kampus juga disediakan student dormitory untuk mahasiswa tingkat persiapan bersama dengan kapasitas 3000 orang.

Yang lebih dibutuhkan oleh mahasiswa adalah dengan disediakan asrama dengan kapasitas mencapai 500 orang. Di sekeliling kampus terdapat Bank dan ATM, Kantor Pos, Poliklinik, sarana ibadah, bus keliling kampus dan track sepeda kampus. Untuk menunjang pengembangan bakat dan minat juga terdapat fasilitas di dalam kampus IPB Darmaga yaitu Gymnasium, Pusat Kegiatan Mahasiswa, Gedung Olah Raga, Plaza Academik serta peralatan kesenian.

Track Sepeda

Tentang IPB selanjutnya adalah keunggulan akademik dan riset.  Institut Pertanian Bogor memiliki 9 Fakultas, 36 Program Studi Sarjana, Pendidikan Pascasarjana dengan 64 Program Magister Sains, 13 Program Magister Profesional, 43 Program Doktor, 1 Program Internasional, Berbagai Riset Unggulan dan beragam keunggulan lainnya yang dimiliki.

Dan yang paling penting Tentang IPB adalah Institut Pertanian Bogor memberikan kesempatan kerja yang sangat besar. Rata-rata waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan yang pertama sama dengan atau kurang dari 3 bulan. Persentase lulusan yang bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya mencapai 50%.  Bekerja di perusahaan ternama di Indonesia, menjadi keuntungan yang besar untuk para mahasiswanya

Leave a comment